Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

3 Kali Indra Kenz Berulah: Tutupi Dalang Binomo hinggs Hilangkan Bukti

17 Mar 2022, 16:07 WIB Last Updated 2022-03-17T09:07:05Z





 Tersangka penipuan hingga tindak pidana pencucian uang (TPPU) di kasus aplikasi Binomo Indra Kenz terus bertindak tindak koperatif. Dulu pernah pergi ke Turki saat jadwal pemeriksaan, kini ia telah diketahui telah menghilangkan barang bukti.

Sebagaimana diketahui, Indra Kenz ditetapkan sebagai tersangka kasus investasi bodong aplikasi binomo oleh Bareskrim Polri. Dia terancam hukuman penjara 20 tahun.

Äncaman hukuman terhadap yang bersangkuitan 20 tahun."kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (22/2/2022).

Indra Kenz dijerat dengan pasal berlapis. Indra Kenz diduga telah melakukan tindak pidana pencucian uang (TTPU) dan penipuan. Pasal yang disangkakan adalah pasal 45 ayat juncto pasal 27 ayat 2 UU ITE. Kemudian pasal 45 ayat 1 juncto pasal 28 ayat 1 UU ITE.Kemudian pasal 3 ayat 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentng TPPU. Selanjutnya pasal 5 UU No 8 Tahun 2010 tentang TPPU. Kemudian Pasal10 UU No 8 Tahun 2010 tentnag TTPU. Kemudia pasal 378 KUHP juncto Pasal 55 KUHP.

Sebelum menjadi tersangka, pria yang dijukuki sebagoi crazy rich Medan ini pernah mangkir daru pemeriksaan untuk pergi berobat ke Turki. Terbaru, diketahui bahwa Indra Kenz sempat menghilangkan barang bukti.

1. Mangkir Pemeriksaan, Pergi Ke Turki

    Februari lalu, Indra Kenz sejatinya dijadwalkan menjalani pemeriksaan di bareskim polri pada jumat (18/2/2022). Namun dia berhalangan hadir karena terbang keturki dengan berahli hendak berobat.

"Benar, karena beliau ada jadwal berobat dan kontrol ke luar negri. Jauh swbelumnya ada panggilan polisi. Kalau nggak salah ke Turki,"kata pengacara Indra Kenz ,Wardaniman Larosa, saat dimintai konfirmasi Rbu 
(16/2)

Indra disebut terbang ke Turki pada senin (14/2). Wardaniman menyatakan Indra tidak akan lama di Turki.

Dia menyebut Indra Kenz tidak bermaksud mangkir dari panggilan Bareskrimk Polri. Jadwal pemeriksaan kesehatan disebut sudah ada sebelum kasus Binomo dilaporkan.

"Saya tidak bisa sampaikan sakit apa. Dia katanya sakit dan ada jadwal kontrol sebelumnya. jauh sebelum ini sudah berobat, kemudian ada panggilan ini,"ucapnya.

Sementara itu,Polrin mengatakan Indra dianggap tak mempergunakan kesempatan untuk klarifikasi yang diberikan penyidik.

"Penyidik telah memberi kesempatan kepada IK untuk mengklarifikasi, tetapi tidak digunakan dengan baik. Malah dia keluar Negri. Dengan kata lain, dia mengakui kesalahan dia,"Direktur Tindakan Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan saat dihubungi, Kamis (17/2).

"Kita kirim panggilan dulu ke dia, baru dia buat surat loh. Sebelumnya dipanggil, dia belum buat surat,"ucap WHISNU.

2. Tutupi Sosok Dalang Binomo 

  Saat Indra Kenz menjadi tersangka, Breskrim Polri terus menyelidiki dalang aplikasi binary opotion Binomo ini. Saat diperiksa sebagai tersangka, Indra Kenz disebut masih menutupi jejak dalang aplikasi tersebut.

"Betul (Indra Kenz) masih tidak berterus terang ("soal dalang Binomo)"kata Whiusnuy kepada wartawan yang didsmapaikan pada minggu (13/3).

Whisnu mengtatakan pihaknya masihnmelakukan pendalaman lebih lanjut. Bareskrim nantinya akan mengungkap siapa dalang di aplikasi Binomo.

"Masih didalami, nanti kalau sudah jleas, saya sampaikan. Kita sampaikan ya bila sudah terungkap siapa yang membantu IK ( Indra Kenz) dalam kegiatan Binomo ini,"ujarnya.

3. Sempat Hilangkan Barang Bukti

Terbaru diketahuio bahwa indra kenz, termnyta sempat menghilangja barang bukti. Indra kenz mengaku kehilngan ponsel hingga komputernyta saat diperiksa Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri.

"Dia mnghilangkan barang buktinyalah. Mau diambil, ia hilang katanya dia tidak ada handphonenya ada kan bisa kelihat tuh, sama monitornya,"ujar whisnu saat dihubungi, Kamis (71/3)

Whisnu menjelaskan ponsdel yang disita dari indra kenz merupakan HP baru. saat dibongkar, penyidik tak bisa menemukan petunjuk apa pun di HP baru Indra Kenz mengenai Binomo.

"Pada sasat kita mau sita, dia kan rekeningnya sudah sedikit. Sudah ada yang ajarin tuh, cuma Rp 1,8 miliar rekeningnya tuh, sudah dipindahin,"trang whisnu.

"Pasti memperberat hukuman lah.ïmbuhnya.



iklan