Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

6 Obat Batuk Kering Alami Berdasarkan Penelitian

Mata Kau !!! { กรุงเทพมหานคร อมรรัตนโกสินทร์ มหินทรายุธยามหาดิลก ภพนพรัตน์ราชธานีบุรีรมย์ อุดมราชนิเวศน์ มหาสถานอมรพิมาน อวตารสถิต สักกะทัตติยะ วิษณุกรรมประสิทธิ์}
9 Mar 2022, 18:56 WIB Last Updated 2022-03-09T11:56:35Z

 

www.korantalk.com -Batuk kering adalah batuk yang tidak berlendir. Beberapa obat batuk kering alami yang dapat dicoba yaitu madu, jahe, kunyit, lemon, nanas, dan berkumur dengan air garam.

Batuk kering merupakan batuk yang tidak berdahak sehingga disebut juga batuk tidak produktif. Batuk kering dapat menyebabkan iritasi dan luka pada tenggorokan sehingga terasa sakit dan gatal, akibatnya suara menjadi serak dan bahkan hilang.

Mengutip Healthline, penyebab batuk kering meliputi alergi, asma, dan obat-obatan. Beberapa pilihan obat batuk dapat membantu meringankan dan menyembuhkan batuk kering, mulai dari obat alami hingga obat resep

Obat batuk kering alami dapat menjadi pilihan karena berasal dari tumbuhan dan umumnya mudah didapatkan. Beragam penelitian mendukung jenis-jenis tanaman dan sumber alami lainnya untuk meredakan batuk kering.

Berikut pilihan obat batuk kering alami yang dapat dicoba.

1. Madu

Madu merupakan obat batuk kering alami yang diproduksi oleh lebah. Madu terasa manis dengan tekstur kental dan berwarna coklat keemasan.

Berdasarkan temuan dalam jurnal BMJ Evidence Based Medicine, madu efektif mengatasi batuk kering, terutama mengurangi frekuensi dan keparahan batuk. Madu juga membantu mengurangi batuk pada malam hari dan meningkatkan kualitas tidur.

Cara menggunakan madu untuk mengobati batuk dilakukan dengan mencampur dua sendok teh madu dengan air hangat. Minum campuran ini sekali hingga dua kali sehari. Jangan berikan madu untuk anak berusia kurang dari satu tahun karena berisiko menimbulkan botulisme, yaitu bentuk keracunan makanan yang langka namun serius.

2. Jahe

Jahe digunakan sebagai obat batuk kering alami karena memiliki sifat hostile to inflamasi. Penelitian dalam American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology menunjukkan, senyawa hostile to inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara untuk mengurangi batuk kering.

BACA JUGAKenali Test Anxiety Disorder yang Bisa Dialami Pelajar hingga Mahasiswa

Untuk mengonsumsi jahe, Anda dapat membuat wedang jahe dengan mendidihkan air panas dan tambahkan 20-40 gram irisan jahe segar. Biarkan selama beberapa menit sebelum disajikan. Tambahkan madu atau perasan lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih menenangkan batuk.

Dalam beberapa kasus, jahe seduh dapat menyebabkan sakit perut atau mulas sehingga perlu diwaspadai.

3. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa yang berpotensi sebagai hostile to inflamasi, antivirus, dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai obat batuk kering alami.

Hasil penelitian dalam Major therapeutic plants of India menunjukkan bahwa air rebusan kunyit dan susu dapat menyembuhkan batuk dan penyakit pernapasan terkait. Kunyit juga dapat membantu meringankan gejala asma dan bronkitis.

4. Lemon

Lemon merupakan obat batuk kering alami yang baik karena memiliki sifat hostile to inflamasi. menurut buku Folk Medicine, memon membantu mengurangi iritasi di tenggorokan dan paru-paru, serta membersihkan saluran udara dan meredakan batuk kering Untuk membuat air lemon, seduh dua sendok makan perasan jeruk lemon dengan 500 ml air hangat.

5. Terapi uap

Terapi uap dapat dilakukan sebagai obat batuk kering alami. Melansir Verywell Health, terapi uap hangat dapat membantu melembabkan saluran hidung yang kering dan teriritasi, meredakan sakit tenggorokan, dan mengurangi keparahan batuk yang disebabkan oleh infeksi ringan atau alergi.

BACA JUGA : Tren Perbaikan Kasus COVID-19 Terus Terjadi, Salah Satunya Penambahan Jumlah Provinsi dengan Kasus Turun

Untuk melakukan terapi uap, cukup ambil mangkuk besar berisi air panas lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Saat menghirup uapnya, taruh handuk di atas kepala Anda untuk menyerap lebih banyak kelembapan.

6. Akar marshmallow

Akar marshmallow berasal dari tanaman marshmallow dan terlihat seperti sekam coklat berserat. Tanaman ini cocok dikonsumsi untuk obat batuk kering alami. Studi dalam jurnal Complementary Medicine Research menunjukkan, sirup obat batuk home grown yang mengandung akar marshmallow dengan daun timi dan ivy dapat efektif meredakan batuk.

Akar marshmallow dapat digunakan dengan menuangkan air mendidih ke dalam gelas berisi akar kering lalu menutupi dan menyeduhnya selama lima sampai 10 menit. Kemudian didisaring dan diminum.

Pilihan lainnya adalah menggunakan kantong teh akar marshmallow yang sudah jadi. Caranya hanya perlu menyeduh kantong teh dengan air mendidih dan membiarkannya terendam hingga 10 menit.

iklan