Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

9 Kebiasaan yang Bikin Payudara Tetap Sehat

Mata Kau !!! { กรุงเทพมหานคร อมรรัตนโกสินทร์ มหินทรายุธยามหาดิลก ภพนพรัตน์ราชธานีบุรีรมย์ อุดมราชนิเวศน์ มหาสถานอมรพิมาน อวตารสถิต สักกะทัตติยะ วิษณุกรรมประสิทธิ์}
6 Mar 2022, 16:54 WIB Last Updated 2022-03-06T11:11:16Z

www.korantalk.com  -Rutin melakukan kebiasaan yang buat payudara sehat ternyata memiliki banyak manfaat agar terhindari dari risiko penyakit serius.
Perlu diketahui bahwa kanker payudara masih jadi penyakit mematikan yang menyerang perempuan Indonesia hingga 19,8 persen.


Apabila kondisi payudara Anda masih baik, disarankan tetap menerapkan pola hidup sehat seimbang serta rajin melakukan beberapa kebiasaan. Berikut beberapa cara menjaga payudara tetap sehat.


Baca Juga : Inilah Lamanya Masa Tunggu hingga Akhirnya Bisa Berhubungan Seks Lagi setelah Melahirkan


1. Pijat
Di bagian dalam setiap payudara umumnya terdapat beberapa kelenjar yang membawa cairan yang disebut getah bening.

Dengan melakukan pijat khusus payudara, maka cairan tersebut bisa dikondisikan ke jalur inti untuk menekan risiko penyakit berbahaya sekaligus membuat tubuh jadi rileks

2. Meditasi
Menurut hasil studi, faktor psikologis erat kaitannya terhadap risiko peningkatan kanker. Oleh karenanya, untuk mengurangi tekanan itu, disarankan agar Anda melakukan meditasi.

Meditasi merupakan teknik relaksasi untuk meredakan rasa nyeri serta memberi efek menenangkan supaya kadar stres tubuh jadi berkurang

3. Olahraga
Sel lemak dalam tubuh bisa menghasilkan estrogen atau hormon pemicu kanker. Tapi, dengan olahraga, sel lemak berpotensi menyusut dan tubuh memproduksi estrogen jadi lebih sedikit.


4. Hindari konsumsi alkohol
Kebiasaan yang buat payudara sehat lainnya adalah menghindari segala bentuk alkohol, baik dalam minuman atau makanan.

Menurut hasil penelitian, alkohol dapat melemahkan sistem kekebalan serta meningkatkan kadar estrogen sehingga berpotensi terhadap kanker payudara.

5. Memakai pelembap
Sama dengan wajah, kulit payudara yang cenderung sensitif juga perlu memakai pelembap atau skincare khusus supaya kondisinya tetap terawat.

Selain membantu melembapkan, pemakaian 

6. Kontrol berat badan
Memiliki berat badan stabil dan terkontrol memberi nilai tambah dalam menjaga kesehatan tubuh menyeluruh.

Pasalnya, jika Anda mengalami obesitas, produksi estrogen dalam tubuh otomatis meningkat, yang dikhawatirkan memicu pertumbuhan sel strange di region payudara.

7. Rutin periksa payudara
Perempuan yang sudah memasuki fase rutin menstruasi sangat direkomendasikan melakukan pemeriksaan payudara secara mandiri setiap bulannya.

Manfaat pemeriksaan ini merupakan deteksi dini untuk mengetahui apakah ada benjolan di setiap sisi payudara yang mengindikasikan suatu penyakit.


8. Memakai bra yang tepat
Tidak hanya menjaga bentuk payudara tetap kencang, pemakaian bra sesuai ukuran juga memengaruhi kesehatan.

Jika payudara Anda tidak didukung dengan pemakaian bra yang tepat, hal itu akan melemahkan jaringan di dalamnya sehingga lebih rentan kendur dan menurun.

9. Konsumsi makanan bergizi
Hal withering penting dari kebiasaan yang buat payudara sehat yaitu mengonsumsi makanan bergizi seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan lemak sehat.

Makanan tinggi antioksidan serta nutrient diklaim efektif mencegah pertumbuhan sel unusual sekaligus mengurangi risiko cancer payudara.


iklan