Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Ingat! Ini Durasi 5 Planet yang Sejajar Dengan Bulan

Zelda
24 Jun 2022, 20:25 WIB Last Updated 2022-06-24T13:25:35Z

Korantalk -  Fenomena 5 planet di Tata Surya dan Bulan dalam posisi sejajar masih dapat disaksikan sampai akhir bulan ini. 

Jadi, apabila terdapat yang terlampaui menyaksikannya kala menjelang fajar Jumat hari ini, hingga kalian masih dapat melihat Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, serta Saturnus berbaris sejajar dengan Bulan sampai 30 Juni mendatang. 

Fenomena tersebut dinamakan konjungsi kuintet. Formasi sejajar dari kelima planet serta Bulan itu akan nampak sangat sempurna pada 23- 24 Juni 2022.

Posisi sejajar kelima planet ini diucap konjungsi langit serta bisa dilihat dengan mata telanjang. Fenomena ini terakhir kali terjadi pada 2004. 

Lima planet berbaris ini dapat dilihat selama 50 menit, sesuai dengan waktu fajar di masing masing daerah ataupun 75 menit saat sebelum Matahari terbit (sekitar jam 04. 30 waktu setempat) sampai akhir fajar bahari ataupun 25 menit saat sebelum Matahari terbit (sekitar jam 05. 30 waktu setempat). 

Pada 4- 30 Juni, kecerlangan Merkurius bermacam- macam antara+2, 06 sampai- 0, 61. Maksudnya, planet yang sangat dekat dengan Matahari itu akan terus menjadi cerah sampai di penghujung bulan ini, Jumat, 24 Juni 2022.

Baca Juga : Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan dan Pembunuhan Wanita di Papua

Sementara kecerlangan Venus bermacam- macam antara- 3, 94 sampai- 3, 89. Planet tetangga  Bumi ini akan sedikit meredup sampai akhir bulan Juni. Kecerlangan Uranus bermacam- macam antara+5, 89 sampai+5, 87 ataupun sedikit lebih cerah sampai akhir bulan ini. 

Demikian halnya dengan Mars, kecerlangannya bermacam- macam antara +0,57 sampai +0,47. Calon planet yang akan dijajah manusia itu sedikit lebih cerah sampai akhir Juni 2022. 

Setelah itu, kecerlangan Jupiter bermacam- macam antara - 2,25 sampai -2, 41. Jupiter akan sedikit lebih cerah sampai akhir bulan Juni. Demikian halnya dengan Saturnus dengan alterasi +0,68 sampai +0,56 di mana barang itu akan sedikit lebih cerah sampai akhir bulan ini. 

Walaupun unik, tetapi fenomena tersebut bukan jadi tanda- tanda spesial, cuma fenomena alam luar biasa yang beberapa kali terjadi. Fenomena langka ini nampak dalam satu garis sebab planet- planet mengorbit Matahari pada bidang datar. Jadi, kelima planet ini hendak nampak sejajar dari sudut pandang Bumi.

Dapatkan update berita dan breaking news setiap hari dari Korantalk.news Mari bergabung di Grup Telegram, caranya klik link https://t.me/korantalk_news , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

iklan