Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Pembobolan Mesin ATM di Lubuklinggau, Briptu M Kurniadi Ikut Terlibat

Zelda
18 Agu 2022, 09:50 WIB Last Updated 2022-08-18T02:50:58Z


Korantalk - Satu dari tiga tersangka pembobolan ATM milik bank pelat merah di samping Pengadilan Agama Lubuklinggau telah ditangkap polisi.

Tersangka adalah oknum polisi, Briptu Muhammad Kurniadi (25) warga Dusun 3A Desa Mekar Sari Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, yang juga anggota Polres Empat Lawang. 

Begini kronologi lengkap, awal dari keberangkatan mereka dari Empat Lawang, hingga akhirnya kabur dari lokasi pembobolan, seperti diungkapkan dalam pers rilis di Polres Lubuklinggau.

Awalnya, Sabtu (13/8/2022) sekitar pukul 18.00 WIB, tersangka Briptu Muhammad Kurniadi meminjam mobil Daihatsu Taft BG 1298 AR kepada Rendi, warga Empat Lawang. 

“Saya memang merentalkan mobil untuk angkut sawit. Sore itu ia meminjam mobil dengan alasan untuk menarik mobilnya yang kepater,” jelas Rendi saat ditemui di Mapolres Lubuklinggau.

 Ternyata mobil itu oleh Briptu Muhammad Kurniadi bersama dua rekannya dibawa ke Lubuklinggau untuk membobol ATM. Di Lubuklinggau mereka mencari sasaran ATM yang bisa dijebol.

Minggu (14/8/2022) sekitar pukul 03.00 WIB, mereka mendatangi ATM BRI di samping Pengadilan Agama Lubuklinggau. Aliran listik ATM diputuskan, dan CCTV disempot cat pilox. 

Baca Juga : HUT ke - 77 RI, Wapres Ajak Seluruh Elemen Bangsa Rapatkan Persatuan

Setelah itu mereka pergi. Mendekati pukul 05.00 WIB, mereka kembali datang. Kali ini menarik mesin ATM menggunakan mobil Taft hingga jebol. Namun aksi mereka diketahui warga.

“Selingnya nyangkut, tidak bisa dilepaskan. Makanya mobil kami tinggalkan di lokasi,” kata tersangka Muhammad Kurniadi.

Mereka bertiga kemudian berjalan kaki masuk ke Jalan Lapter selanjutnya memutar ke arah Jalan Pioner. Sambil berjalan kaki, mereka melepaskan pakaian yang mereka gunakan saat aksi. 

“Tersangka Muhammad Kurniadi, akhirnya hanya mengenakan kaos dan celana pendek,” jelas Kasat Reskrim Polres Lubuklinggau AKP M Romi. Mereka selanjutnya naik angkot dari depan Eks Kompi menuju Simpang Periuk. 

Dari Simpang Periuk selanjutnya pulang ke Empat Lawang juga menaiki angkutan umum. Seperti diketahui sebelumnya, aksi pembobolan ATM BRI Lubuklinggau terjadi Minggu (14/8/2022) sekitar pukul 04.47 WIB.

Para pelaku mengikat mesin ATM menggunakan tali seling kemudian ditarik menggunakan mobil Daihatsu Taft BG 1298 AR.

Dapatkan update berita dan breaking news setiap hari dari Korantalk.news Mari bergabung di Grup Telegram, caranya klik link https://t.me/korantalk_news , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

iklan