Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

6 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Delay di iPhone dan Android

21 Sep 2023, 22:23 WIB Last Updated 2023-09-21T15:23:24Z

korantalk - WhatsApp memiliki fitur notifikasi yang memungkinkan pengguna mengetahui pesan atau panggilan masuk. Fitur ini pun bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Misalnya mengatur nada dering, getaran, hingga tampilan notifikasi.


Namun adakalannya pengguna mengalami masalah di bagian notifikasi. Salah satunnya adalah notifikasi WA yang delay atau muncul telat. Notifikasi WhatsApp yang delay biasanya disebabkan oleh berbagai faktor.


Mulai dari masalah koneksi, pembaruan aplikasi, hingga mode hemat yang aktif. Lantas bagaimana cara mengatasi notifikasi WhatsApp delay di HP Android atau iPhone? Selengkapnya berikut ini cara yang bisa Anda coba. 


Cek koneksi internet

Salah satu penyebab notifikasi WA delay adalah koneksi internet dari WiFi atau jaringan data. Maka dari itu cek terlebih dahulu apakah koneksi internet Anda stabil atau sedang terganggu. Anda juga bisa mencoba dengan menonaktifkasn koneksi internet dari WiFi atau data sejenak kemudian menyalakan ulang.


Nyalakan mode pesawat

Baik pengguna iPhone maupun Android, cobalah untuk menyalakan mode pesawat pada ponsel. Jika Anda berada di area dengan sedikit atau tanpa konektivitas, mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat akan memaksa ponsel Anda menyambung kembali ke menara seluler terdekat.


Menonaktifkan mode hemat data

Penyebab notifikasi WA delay di iPhone atau Android, bisa jadi karena pengguna terlupa bahwa mengaktifkan mode hemat data. Mode ini mencegah aplikasi disinkronkan di latar belakang, sehingga menyebabkan notifikasi tertunda. Berikut ini cara menonaktifkan mode hemat data di iPhone dan Android.


iPhone


Buka "Pengaturan" dan pilih "WiFi"

Klik salah satu jaringan dengan klik "i"

Selanjutnya geser toggle ke kiri "Low Data Mode" untuk menonaktifkannya

Android


Buka "Setelan/pengaturan"

Pilih "Datasaver"

Kemudian geser toggle ke ke kiri untuk menonaktifkan

Reset notifikasi

Anda bisa melakukan reset notifikasi untuk memuat ulang kembali notifikasi WhatsApp. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk reset notifikasi di WA pada HP Android atau iPhone.


baca juga: Anggota KKB Anak Buah Egianus Kogoya Ditangkap di Nabire


iPhone


Buka WhatsApp Anda

Pilih "Settings"

Klik "Notifications"

Gulir ke bawah dan pilih "Reset Notification Settings"

Android


Buka WhatsApp Anda

Klik titik tiga di pojok kanan atas

Pilih "Setelan"

Pilih "Notifikasi"

Klik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih "Setel ulang setelan notifikasi"

Matikan mode fokus

Apple memiliki "Mode Fokus" untuk memblokir notifikasi yang tidak perlu selama waktu-waktu tertentu dalam sehari. Jika Anda sedang bekerja, Anda dapat menonaktifkan notifikasi pribadi dan sebaliknya menggunakan "Mode Fokus".


baca juga: DI TENGA ISU YANG BEREDAR LILARD MEMBUAT PERNYATAAN YANG SANGAT MENGEJUT


Namun tak jarang setelah bekerja pengguna lupa untuk menonaktifkan mode fokus sehingga membuat notifikasi WhatsApp delay.


Cara menonaktifkan mode fokus adalah cukup menggulirkan Control Central di iPhone yang terletak di bagian  atas kemudian klik mode fokus untuk menonaktifkannya. 


Update WhatsApp

Salah satu penyebab notifikasi WhatsApp delay bisa jadi karena aplikasi mengalami bug akibat masih berada di versi lama. Maka dari itu cobalah untuk melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp di toko aplikasi Google Play Store (Android) maupun App Store (iOS). 


Demikian cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang delay di ponsel iPhone dan Android. Semoga membantu


Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

                                                      (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)

iklan