Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Hari Ini Senin 18 September 2023: Langit Pagi Jabodetabek Cerah Berawan, Malam Hujan

ARENASLOT
18 Sep 2023, 06:29 WIB Last Updated 2023-09-17T23:30:11Z


 


www.korantalk.net -Jakarta - Mengawali pekan, Senin (18/9/2023), wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pagi hari ini keseluruhannya diprakirakan cerah berawan. Begitulah prediksi cuaca hari ini, Senin (18/9/2023).

Untuk siang hari nanti, sebagian langit Ibu Kota diprakirakan turun hujan ringan yaitu Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, sisanya berawan, berdasarkan laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BACA JUGA : DKI Jakarta Berubah Status Jadi DKJ, Investasi Bakal Melorot?

Lalu di malam nanti, hampir seluruh wilayah Jakarta diprediksi diguyur hujan berintensitas ringan, kecuali waspada hujan petir di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore dan malam hari," papar BMKG.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat, siang hari diprediksi berawan dan malam nanti hujan dengan intensitas ringan. Berbeda di Depok dan Kota Bogor, Jawa Barat, siang hingga malam hari nanti diprakirakan hujan ringan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi relatif singkat pada rentang waktu antara siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta," terang BMKG.

Senada, Kota Tangerang, Banten juga diprediksi hujan berintensitas ringan pada siang hingga malam nanti.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan di Indonesia terjadi pada November 2023. 

Awal musim hujan ini sekaligus bakal mengakhiri kekeringan akibat fenomena El Nino.

"Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi pada November 2023," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara daring, dikutip Jumat 8 September 2023.

Meski begitu, Dwikorita menjelaskan awal musim hujan akan terjadi secara bertahap. Sebab, keragaman iklim di berbagai wilayah di Indonesia sangat tinggi.

"Karena tingginya keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah," ujar dia.

Saat ini, kata dia, beberapa zona musim telah terkonfirmasi sudah mengalami musim hujan yaitu di sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

Oktober mendatang, awal musim hujan diperkirakan terjadi di Jambi, Sumatera Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagianbarat, dan sebagian besar Kalimantan Timur.

Kemudian, pada November 2023, awal musim hujan akan tiba di Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian JawaTimur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan.

Sementara itu, awal musim hujan di Jawa Timur bagian utara, sebagian besar NTB, sebagian besar NTT, Maluku dan sebagian besar Sulawesi Tenggara diprediksi terjadi pada Desember 2023.

"Secara bertahap akan hampir mendominasi seluruh wilayah Indonesia musim hujan ini pada periode Maret hingga April 2024," ungkap Dwikorita.

Dwikorita menyampaikan, awal musim hujan umumnya berkaitan erat dengan peralihan angin timuran atau angin dari arah Australia atau disebut Monsun Australia yang akan menjadi angin baratan atau Monsun Asia yaitu angin yang berasal dari arah Benua Asia.

"Saat ini yang berpengaruh angin dari Benua Australia, dari gurun di Australia yang saat ini sedang musim dingin dan kering dan Insyaallah akan segera berganti dengan angin yang berasal dari Benua Asia," ucap dia.

Seperti di lahan perumahan Adimas Sobo seluas setengah hektar ludes terbakar.  Beruntung kebakaran lahan di pemukiman padat penduduk tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news kemudian join ( https://heylink.me/daftarplayer4d/ ) °༄°
  (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)



iklan