Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan Diberhentikan dari Pengurus PBNU

POLISI SLOT
15 Sep 2023, 00:08 WIB Last Updated 2023-09-14T17:09:47Z


KORAN TALK
- DELISERDANG - Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan diberhentikan dari Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) untuk masa khidmad 2022-2027.


Ashari sebelumnya menjabat sebagai Bendahara PBNU. Pemberhentian dirinya ini sesuai dengan surat keputusan PBNU Nomor: 01.b/A.II.04/06/2023.


Keputusannya ditandatangani oleh Ketua Umum, KH. Yahya Cholil Staqut, Sekretaris Jenderal Drs. H. Saifullah Yusuf hingga KH. Miftahul Akhyar sebagai Rais Aam dan KH. Akhmad Said Asrori.


Sesuai Surat Keputusan PBNU yang beredar selain Ashari Tambunan setidaknya ada 6 orang lain yang juga diberhentikan.


Di antaranya Dr. KH. Amiruddin Nahrawi, Drs. H. Ulyas Taha, M.Pd. dan H. Robikin Emhas yang diberhentikan dari jabatan Ketua PBNU.


Kemudian ada juga H. Mardani H. Maming dari jabatan Bendahara Umum PBNU.


Kemudian memberhentikan H. Ahmad Nadzir dan H. Burhanudin Mochsen.


Dalam SK tersebut disertai ucapan terimakasih atas pengabdian selama ini.


Posisi mereka langsung ditempati oleh pengurus yang lain saat ini.


Beredarnya SK pemberhentian terhadap Ashari Tambunan dan beberapa orang pengurus PBNU ini langsung menjadi pembicaraan.


Banyak pihak di Deli Serdang yang mengaitkan pemberhentiannya ini diduga ada kaitannya dengan langkah Ashari Tambunan yang kini sudah terdaftar sebagai Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).


Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Utara, Marahalim Harahap yang dikonfirmasi menjelaskan dirinya tidak bisa mengomentari keputusan PBNU ini.



Baca Juga : SEDERET Aksi Penipuan Dilakukan Dokter Gadungan Susanto, Pernah Jadi Dirut RS hingga Dokter Obgyn



Disampaikannya ia tidak bisa berkomentar lebih jauh.


Ia sendiri menyebut belum ada membaca SK perubahan pengurus PBNU itu.


"Memang banyak yang tanya sama saya sebelumnya apa benar (Ashari Tambunan) diberhentikan?. Saya nggak tau belum ada baca SK nya. Saya mana bisa mengomentari keputusan PBNU. Saya kan PWNU," kata Marahalim.


Hingga berita ini diturunkan KORAN TALK masih berusaha untuk meminta tanggapan Ashari Tambunan.


Selama ini Ashari dikenal sebagai tokoh NU di Sumatera Utara.


Wakil Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatera Utara Syaiful Syafri menilai pemberhentian Ashari Tambunan sebagai Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dilakukan secara sepihak. 


"Pemberhentian Ashari Tambunan dari jabatan bendahara PBNU priode 2022-2027 itu adalah pemberhentian sepihak oleh pengurus yang dipimpin ketua umumnya KH Yahya Cholil Staquf. Namun sebagai kader NU yang militan dan mantan ketua DPW NU Sumut sejak tahun 2013 hingga 2022, yang namanya Ashari Tambunan tidak pernah berhenti, ia tetap NU," kata Syaiful Syafri kepada KORAN TALK, Kamis (14/9/2023). 


Menurut Syaiful Syafri, jabatan bendahara yang diemban Ashari Tambunan merupakan hasil muktamar ke 34 NU yang digelar di Lampung pada 2021 silam. 


Syaiful Syafri menduga, ada kaitannya pencopotan Ashari sebagai bendahara PBNU lantaran Bupati Deliserdang itu juga maju sebagai Bacaleg DPR RI dari PKB. 


Selain itu, Ashari Tambunan juga menjabat Dewan Syuro DPW PKB Sumut saat ini. 


"Mengenai apa ada hubungan dengan pencalonan sebagai Bacaleg DPR RI  Sumut 1 dari PKB  bisa aja terjadi atau kedudukan Ashari Tambunan sebagai Dewan Syuro DPW PKB Sumut," kata Syafri. 


Jika pun hal itu benar, menurut Syafri tak seharusnya Ashari Tambunan diganti sebagai bendahara PBNU.


Sebab menurut Syafri, PKB lahir dari kalangan Nahdatul Ulama. 


"Memang kepemimpinan NU priode 2022 - 2027 menegaskan bahwa pengurus NU tidak boleh rangkap jabatan sesuai Peraturan NU Nomor 12 tahun 2022 tentang rangkap jabatan. Namun jika kita berpedoman awal lahirnya PKB tahun 1998 dari rahim NU, harusnya apapun jabatan Ashari Tambunan di luar NU tidak harus di persoalkan," tutup Pj Bupati Batu Bara tahun 2008 itu. 


Respons Bupati Ashari Tambunan setelah Diberhentikan dari PBNU

Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan tidak mempermasalahkan soal dirinya yang diberhentikan dari Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) untuk masa khidmad 2022-2027. Ashari sebelumnya menjabat sebagai Bendahara PBNU.


Pemberhentian dirinya ini sesuai dengan surat keputusan PBNU Nomor: 01.b/A.II.04/06/2023.


"Saya sudah diberitahukan sebelumnya, memang harus demikian (dikeluarkan). Nggak mengejutkan saya ini, karena saya diberitakan tanda-tanda sebelumnya, "ujar Ashari Tambunan yang ditemui di kantor Bupati Kamis, (14/9/2023).


Ashari mengakui selama ini dirinya juga tidak mungkin aktif di PBNU. Selain punya kesibukan sebagai Bupati jarak juga mempengaruhi karena tinggal di Deli Serdang. Disebut pada saat awal pengangkatan hal itu juga sudah pernah ia ajukan.


"Nggak mungkin saya aktif. Bahkan dulu ketika pengangkatan pun saya sempat ajukan itu. Bahwa memahami kondisi saya yang masih punya tugas sebagai Bupati dan saya tinggal di sini mana mungkin saya aktif. Saya sudah sampaikan hal yang sama dulu diawal. Biarlah saya beraktivitas di Sumut karena saya sadar betul mana mungkin saya aktif," kata Ashari.


Ashari mengaku hal seperti ini sudah lama ia perkirakan. Ia juga tidak mau egois memaksakan diri untuk berada terus dalam pengurusan. Sementara orang-orang yang ada di pengurusan selama ini selalu aktif.


"Aktif di sana (pengurus PBNU) sebentar-sebentar ke NTT contohnya terus ke Padang. Saya tau di PB itu aktivitasnya luar biasa bukan hanya di kantor tapi mana-mana," kata Ashari.


Ashari saat ini sudah mengundurkan diri sebagai Bupati Deli Serdang karena ikut terdaftar sebagai Bacaleg DPR RI untuk dapil Sumut 1 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia tidak sependapat kalau pemberhentian itu ada kaitannya sama situasi politik nasional dimana Ketum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat ini sudah bergabung dengan Capres Anies Baswedan.


"Gaklah saya rasa. Yang jelas saya tadi sudah bertemu dengan pengurus PWNU dan saya tegaskan bahwa saya mengajak kita harus tetap berhidmadlah di NU," kata Ashari.


Sosok Bupati Ashari Tambunan

H. Ashari Tambunan merupakan Bupati Deli Serdang yang sudah menjabat selama dua periode yakni 2014 - 2019 dan 2019 - 2024.


Ashari Tambunan merupakan adik kandung dari Amri Tambunan yang sebelumnya juga menjabat sebagai Bupati Deli Serdang selama dua periode yaitu periode 2004 - 2009 dan 2009 - 2014.


Ashari Tambunan lahir di Medan pada tanggal 18 Mei 1956 silam. Ia merupakan anak ketujuh dari delapan bersaudara.


Beliau adalah putra dari pasangan Alm Mayor TNI H Djamaluddin Tambunan dan Alm Lettu Hj Nurbanun Siregar.


Titisan darah pemimpin memang tampaknya mengalir dalam tubuh Ashari Tambunan. Ayahnya, Alm Mayor TNI H Djamaluddin Tambunan juga pernah menduduki jabatan penting di Sumatera Utara dan Jambi.


Pada tahun 1960, ayahnya penah menjabat sebagai Gubernur Muda Sumut dan pada tahun 1974, ayahnya menjabat sebagai Gubernur Jambi.


Bahkan, saat ini putranya, Adlin Umar Yusri Tambunan menjabat sebagai wakil bupati Serdang Bedagai.


Ashari Tambunan menempuh pendidikan dasarnya di Kota Medan dan lulus pada tahun1966. Kemudian ia melanjutnya pendidikan Sekolah Menengah Pertama dan lulus pada 1971, dan pendidikan Sekolah Menengah Atasnya ia selesaikan pada tahun 1974.


Pada tahun 1980, Ashari Tambunan sudah menyelesaikan pendidikan sarjananya.


Ashari Tambunan memulai karirnya dengan aktif di berbagai organisasi, diantaranya sebagai Ketua Badan Pelaksana Pengelola Universitas Nahdatul Ulama Sumatera Utara (UNU SU), Wakil Ketua Gapensi Medan, dan Ketua ARDIN Sumut.


Tak hanya itu, ia juga pernah menjadi Ketua PW LP NU Sumut, Wakil Ketua Paripurna Pemuda Panca Marga Sumut dan Ketua PW NU Sumut.


Pada tahun 2014, Ashari Tambunan menggandeng Zainuddin Mars maju ke Pilkada mencalon sebagai Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang.


Sebelumnya, Zainuddin Mars sudah pernah menjabat sebagai Wakil Bupati periode 2009 - 2014 bersama Amri Tambunan.


Ashari Tambunan dan Zainuddin Mars pun kemudian memenangkan pilkada tersebut. Keduanya dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho bersamaan dengan Rapat Paripurna di Gedung DPRD Deli Serdang di Lubuk Pakam pada 2014 lalu.


Saat menjabat sebagai Bupati pada periode pertama, Ashari Tambunan menorehkan berbagai prestasi hingga mendapatkan beberapa penghargaan.


Diantaranya, Sertifikat Eliminasi Malaria dari Menkes RIpada tahun 2014, Pembina terbaik K3 tingkat Nasional dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI pada Tahun 2014, Medali dan Penghargaan Peduli Olahraga dari Gubsu Tahun 2014, Plakat Wahana Tatanugraha dari Menteri Perhubungan Tahun 2014.


Tak hanya itu, dibawah kepemimpinannya, Deli Serdang juga mendapat Penghargaan Juara Umum Hari Aksara Internasional tingkat Sumut Tahun 2014, Penghargaan terbaik II Penanaman 1 Miliar Pohon 2013 tingkat Nasional dari Presiden RI Tahun 2014, Penghargaan Tokoh Sahabat Pers dari SPS Sumut 2014, penghargaan Raksaniyata tahun 2014 dari Kementerian lingkungan hidup dan Kelautan serta Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Gubsu Tahun 2014.


Pada tahun 2015, ada penghargaan berupa Rekor Muri Konfigurasi Merah Putih, Penghargaan Kalpataru dari Presiden RI, Adiwiyata Mandiri dari Presiden RI, Kabupaten Layak Anak dari Presiden RI, Lencana Melati Pramuka, Anugerah Aksara Madya dari Mendikbud RI.


Selain itu, ada pula Raskin Award, Piala Adipura, Penghargaan Muri, Penghargaan Paramakarya, Penghargaan Penanaman 1 Miliar Pohon dari Presiden RI, Penghargaan Ombusdman RI, dan Penghargaan Regional Marketing Award sebagai Pemenang Gold Katagori Kabupaten.


Pada tahun 2019, Ashari Tambunan kembali maju ke Pilkada namun dengan wakil yang berbeda yakni Ali Yusuf Siregar.


Ashari Tambunan dan Ali Yusuf Siregar dinyatakan sebagai pemenang pilkada dan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Deli Serdang hingga saat ini.

Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

                                                          (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)

                        Dapatkan Informasi Terupdate Pertandingan Bola Setiap Hari Hanya DI Sini

                                            klik Link Ini ╰┈➤ ( http://www.scorebola.xyz/  ) 

                                                            ¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯

iklan