Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

DKI Jakarta Berubah Status Jadi DKJ, Investasi Bakal Melorot?

ARENASLOT
15 Sep 2023, 18:55 WIB Last Updated 2023-09-15T12:22:53Z




www.korantalk.net - akarta Nama Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta akan berubah menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) ketika pusat pemerintahan berpindah ke IKN Nusantara. Namun, pergantian nama ini disebut tak berpengaruh pada geliat ekonomi dan arus investasi yang masuk.

Wakil Direktur Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) Eko Listiyanto mengatakan kegiatan ekonomi masih akan menguat di Jakarta. Nantinya, Jakarta akan menjadii pusat perekonomian nasional.

BACA JUGA : Cukai Rokok Rp 126 Triliun Sudah Masuk Kantong Negara, Diramal Turun di Akhir 2023  

"DKJ masih tetap akan menjadi pusat ekonomi Indonesia, karena perkembangan kota Jakarta jauh lebih maju dari kota lain di Indonesia," kata dia kepada Liputan6.com, Jumat (15/9/2023).

Menurut Eko, arus masuknya modal atau investasi juga akan terus bergerak positif ke Jakarta. Utamanya di sektor perdagangan, jasa, hingga sektor keuangan.

Meski nantinya pusat pemerintahan berada di IKN Nusantara, Eko melihat kemudahan perizinan juga tak akan terganggu. Apalagi saat ini sisi administrasi sudah diakses lewat online.

"Investasi secara administrasi sudah OSS/ basis digital jadi tdk ada kendala terkait teknis kalo mau investasi di Jakarta," terangnya.

Sementara itu, dari sisi konsumsi pun diramal tidak akan turun. Mengingat, masih banyak penduduk di Jakarta sebagai pusat pergerakam ekonomi nasional.

"Meskipun ibu kota pindah tapi keluarga masih akan tinggal di DKJ, jadi ekonomi dari sisi konsumsi tidak akan banyak berkurang atau berubah. Ini menggambarakan ekonomi DKJ nanti tetap akan stabil walau ibukota pindah," ungkapnya.


iklan