Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Kendaraan Tidak Lolos Uji Emisi Tak Lagi Ditilang, Hanya Diimbau Servis

ARENASLOT
11 Sep 2023, 13:31 WIB Last Updated 2023-09-11T06:31:24Z

 



 www.korantalk.net -
Jakarta - Aparat kepolisian tidak lagi memberikan sanksi tilang terhadap kendaraan yang dinyatakan tidak lolos uji emisi. Masyarakat kini hanya diimbau untuk membawa kendaraannya ke bengkel untuk diservis.

"Iya, untuk ke depan tidak ditilang," kata Kepala Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Polda Metro Jaya Kombes Nurcholis saat dihubungi, Senin (11/9/2023).

Nurcholis menyampaikan, dari hasil evaluasi pemberlakuan tilang terhadap kendaraan yang tak lolos uji emisi dinilai tak efektif. Pihaknya kemudian mengubah sanksi tilang menjadi teguran saja, dan menyarankan kepada pengendara melakukan servis kendaraan.

"Ternyata penilangan tidak efektif, maka setelah ada Satgas yang tidak lulus uji diimbau untuk diservis, dan kita berusaha komunikasi dengan dealer untuk membantu servis," ucap dia.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan lima titik pengujian emisi yang tersebar di seluruh kawasan DKI Jakarta.

Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan mengistrusikan kepada perwira untuk mendampingi anggota tiap kali menindak pelanggar uji emisi.

"Kita lakukan pengawasan secara ketat, dan ditunjuk oleh Pak Subdit Gakkum setiap titik yang dilakukan razia uji emisi didampingi oleh perwira sehingga pelaksanaanya sesuai dengan ketentuan," kata dia dalam keterangannya, Jumat (1/9/2023).

Doni mengatakan, penegakan hukum secara manual yang dilakukan oleh petugas di lapangan tidak sebaik tilang elektronik. Pada saat ada interaksi dengan petugas secara langsung tentunya kemungkinan-kemungkinan adanya polisi 'nakal' bisa saja ada.

"Itu harus diantisipasi baik bahwa prosedur penegakan hukum juga dilaksanakan sesuai ketentuan," kata dia.

dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news kemudian join ( https://heylink.me/daftarplayer4d/ ) °༄°
  (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)
iklan