Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Menteri Israel Kunjungan ke Saudi, Disambut Hangat Pejabat Riyadh

1 9 2 8
27 Sep 2023, 12:00 WIB Last Updated 2023-09-27T05:00:38Z


 Jakarta, Korantalk -- Menteri Pariwisata Israel Haim Katz tiba di Arab Saudi pada Selasa (26/9), yang menandai lawatan perdana seorang menteri Israel ke Saudi secara resmi.


Diberitakan Times of Israel, Katz mengatakan kepada Channel 12 bahwa pihak Saudi menerima kedatangannya dengan sangat baik, saat tiba pada siang hari.


"Mereka menerima saya dengan sangat baik. Kami mendarat sore hari. Ada banyak sekali orang yang menyambut," ucap Katz, Selasa (26/9)


Katz datang ke Saudi untuk menghadiri Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) yang digelar pada 27 September, bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia.


"Saya akan bekerja untuk mengembangkan kerja sama, pariwisata, dan hubungan luar negeri Israel," kata Katz dalam sebuah pernyataan.


Katz tidak merespons saat ditanya apakah bendera Israel bakal dikibarkan selama acara berlangsung. Ini menyiratkan bahwa undangan kepada Israel merupakan bentuk konsesi Riyadh yang bisa diberikan kepada Tel Aviv.


"Setelah 48 tahun, Israel akhirnya dipilih untuk memimpin delegasi strategis. Kami diterima dengan hangat di Riyadh oleh para pejabat. Saya memperkirakan kami akan bertemu banyak delegasi di pertemuan tersebut, baik mereka yang memiliki relasi dengan kami maupun mereka yang tidak punya hubungan dengan kami," ucapnya.


Kunjungan Katz ini terjadi di tengah kemungkinan semakin dekatnya Israel dan Saudi normalisasi hubungan.


Pada Jumat (22/9), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada PBB dalam pidatonya bahwa Israel sudah berada di puncak kesepakatan historis dengan Saudi.


Senada, Perdana Menteri Saudi sekaligus Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS) juga mengatakan bahwa Saudi dan Israel semakin hari semakin dekat, saat bicara dengan Fox News pada Rabu (20/9).


Meski begitu, MbS menekankan bahwa masalah Palestina tetap menjadi hal penting yang perlu diselesaikan jika Israel ingin cepat-cepat menjalin hubungan dengan Saudi.


Sebetulnya, sebelum Katz, delegasi Israel juga ada yang pernah ke Saudi untuk menghadiri pertemuan Komite Warisan Dunia UNESCO. Acara itu dihelat bulan lalu dan dihadiri sembilan staf delegasi Israel yang datang sebagai pengamat.


Pekan depan, Menteri Komunikasi Israel Shlomo Karhi juga dikabarkan bakal ke Saudi untuk menghadiri Kongres Luar Biasa Kesatuan Pos Sedunia (Universal Postal Union) 2023 di Riyadh. Menurut Kementerian Komunikasi, Karhi bakal bicara di konferensi PBB pekan depan



Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

  (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)

     Dapatkan Informasi Terupdate Pertandingan Bola Setiap Hari Hanya DI Sini

  klik Link Ini ╰┈➤ (   Bolaskor24.com  ) 

      ¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•


iklan