Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Pengacara Susun Skenario Sakit supaya Lukas Enembe Dapat Kabur ke Filipina

Call me Einstein
28 Sep 2023, 22:18 WIB Last Updated 2023-09-28T15:18:58Z

 Jakarta-Korantalk.info Pengacara Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening, didakwa melaksanakan perintangan penyidikan permasalahan korupsi Lukas Enembe. Terdapat skenario bawa Lukas ke luar negara yang disusun Roy Rening, dengan dalih keadaan sakit yang dirasakan Lukas.



Perihal itu terungkap dalam persidangan pembacaan dakwaan kepada Roy Rening yang diselenggarakan pada Rabu( 27/ 9/ 2023) di Majelis hukum Tipikor Jakarta Pusat. Jaksa KPK awal mulanya menguak Roy Rening memohon Lukas berdalih sakit, supaya tidak penuhi panggilan pengecekan KPK pada 12 September 2022.


BACA JUGA : USAI MENDAPATKAN OPERASI DAN PENYEMBUHAN SELAMA 3,5BULAN ALEX RINS SIAP MELAKONI GP JEPANG


" Kalau pada hari Senin 12 September 2022 cocok dengan skenario yang sudah terbuat tersangka pada dikala pertemuan di rumah Lukas Enembe, tersangka bersama- sama Aloysius Renwarin, Yustinus Butu serta Muhammad Riffai Darus menyerahkan pesan penjelasan saksi Lukas Enembe kepada regu penyidik KPK di Mako Brimob Jayapura," kata jaksa KPK.


Dalam pesan sakit itu pula muat rumah sakit referensi penyembuhan Lukas Enembe. Rumah sakit yang ditunjuk nyatanya terletak di Filipina.


" Pesan rujuk dari Rumah Sakit Universal Wilayah Jayapura No 441. 6/ 261 bertepatan pada 11 September 2022 Mengenai referensi pengidap Lukas Enembe kepada bagian spesialis penyakit dalam Asian Hospital and Medical Centre di Manila Filipina, yang ditandatangani oleh Anton Tony Mote sebagai Direktur RSUD Jayapura," ucap jaksa KPK.


KPK menebak pesan referensi itu cuma selaku dalih dalam bawa Lukas ke luar negara. Alasannya, pada 9 September 2022 regu Lukas tercatat sudah memesan private jet dengan tujuan penerbangan ke Filipina.


" Kalau penerbitan pesan sakit Lukas Enembe ialah pesan rujuk dari RSUD Jayapura No 441. 6/ 621 bertepatan pada 11 September 2022 Mengenai referensi pengidap Lukas Enembe kepada Bagian Spesialis Penyakit Dalam Asian Hospital and Medical Centre di Manila Filipina tersebut bertujuan buat bawa Lukas Enembe ke luar negara," cerah jaksa.


" Rencana keberangkatan Lukas Enembe telah dipersiapkan dengan mendatangkan pesawat charter private jet Hawkers 900 X0 PK- RDA Operator Tri Miligram Intra Asia Airlines dari Lapangan terbang Halim Perdanakusuma, mengarah Lapangan terbang Sentani Jayapura pada Jumat 9 September 2022," sambung Jaksa.


Jaksa menyebut jet individu yang disewa itu hendak terbang dengan rute Sentani- Manado- Manila pada Senin( 12/ 9/ 2022). Tetapi di dikala bertepatan, Lukas dipanggil buat ditilik KPK di Mako Brimob Jayapura.


" Berikutnya pesawat charter private jet tersebut hendak melaksanakan penerbangan dengan rute Sentani- Manado- Manila Filipina, buat keberangkatan penerbangan tujuan Manado pada hari Senin 12 September 2022. Di dikala bertepatan, Lukas Enembe dipanggil buat membagikan penjelasan kepada penyidik KPK di Mako Brimob Jayapura," papar Jaksa.


Skenario itu batal terlaksana. Lukas Enembe batal berangkat ke Filipina, usai pada penyidik KPK sudah mengajukan penangkalan ke luar negara kepada Lukas semenjak 7 September 2022.


" Penyidik sudah mengantisipasinya dengan mengajukan pesan permohonan larangan bepergian ke luar negara atas nama Lukas Enembe kepada Direktur Pengawasan serta Penindakan Keimigrasian Departemen Hukum serta HAM RI pada 7 September 2022," ucap jaksa KPK.


BACA JUGA : Viral Pria Sudah Tunangan Masih Banyak Tingkah, Selingkuh dengan 2 Wanita


Dalam permasalahan ini, Roy didakwa melanggar Pasal 21 Undang- Undang Republik Indonesia No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana sudah diganti dengan Undang- Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2001 tentang Pergantian Atas Undang- Undang No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. 


Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

(¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)



iklan