Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Hidupkan Academic Environment, Prodi AKP Universita Terbuka Kolaborasikan Dosen, Mahasiswa dan Alumni

20 Okt 2023, 21:36 WIB Last Updated 2023-10-20T14:36:42Z

Korantalk -  Kehidupan dan menghidupkan academic environment pada suatu program studi (prodi) adalah suatu keniscayaan dan penting. 


Sebab, hal tersebut mengambarkan bagaimana para civitas akademikanya saling bergelut dengan keilmuan dan kepakaran yang dimiliki untuk terus mengobarkan arti dan peran dari keilmuan itu sendiri. 

Baru-baru ini, prodi Akuntansi Keuangan Publik (AKP) di Universitas Terbuka (UT) melakukan beberapa upaya sharing yang dapat dianggap sebagai best practice.

Upaya itu diharapkan dapat menginspirasi dan semakin menghidupkan academic environment di setiap prodi AKP di Indonesia. 

Dengan demikian, manfaat keilmuan yang menjadi ruh dari prodi AKP semakin terasa manfaatnya bagi seluruh civitas akademika dan masyarakat. 

Sebab, keberadaan manusia sebagai makhluk sosial, beriman, dan berakal adalah menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat ada di sekitar. 


baca juga: Bos AirAsia Dikecam Tanpa Busana dan Dipijat Saat Rapat Online, Alasannya Bawa-bawa Nama Indonesia


Prodi AKP menghidupkan academic environment dalam bentuk kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan alumni yang dianggap cukup lengkap melalui Tri Dharma Akademik, yaitu penelitian, pendidikan, dan pengabdian pada masyarakat (PKM). 

Kolaborasi itu dimulai dari berbagai kerja sama riset terkait tema, seperti perkoperasian dan updating bahan ajar generasi baru mata kuliah Audit Sektor Publik.

Ada juga pola delivery learning material yang telah berhasil memperoleh Hak kekayaan intelektual (HKI) dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk pembelajaran mahasiswa yang mengintegrasikan antara teori dan praktek. 

Kemudian, ada pula penelitian berdasarkan kebutuhan masyarakat akan penyusunan dan pembuatan aplikasi laporan keuangan untuk membantu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan mengembangkan potensi usaha pada suatu desa yang telah dibukukan.

Hasil penelitian itu kemudian diintegrasikan pada sistem dan pola pembelajaran pada prodi AKP. Tujuannya agar pembelajaran di prodi ini dapat lebih aplikatif dan mencerminkan dunia kerja pada kondisi riilnya. 

Pada akhirnya, hasil pendidikan itu dapat disalurkan pada kegiatan PKM sebagai bentuk sumbangsih prodi AKP untuk mengatasi permasalahan dan memberikan makna kehadiran AKP di tengah masyarakat. 


baca juga: Liverpool Ikuti Arsenal dan Chelsea Berburu Osimhen


Kegiatan PKM itu tidak hanya sebatas untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga mancanegara.

Mereka bekerja sama melalui beberapa yayasan yang sangat membutuhkan pendampingan terkait penyusunan laporan keuangan dan akuntabilitas dan asosiasi serta universitas berkelas dunia lainnya. 

Selain itu, prodi AKP memiliki program rutin bulanan bernama Sapa Warga Program Studi Akuntansi Keuangan Publik (Sawadikap).

Program tersebut berisi obrolan santai seputar informasi terbaru terkait perkembangan akuntansi publik dari pakar-pakar ternama.

Sawadikap juga menjadi wadah bimbingan karier mahasiswa dari para alumni untuk adik kelasnya agar lebih mempersiapkan diri memenuhi tuntutan kompetensi dunia kerja dan menjadi pribadi yang sukses lahir dan batin. 

Dalam agenda ke depan, PKM akan mengadakan pelatihan bahasa Inggris sebagai milestone prodi AKP menjadi prodi berkualitas dunia yang mendukung dan sesuai dengan visi dan misi UT. 

Untuk informasi lebih lengkap terkait detail kegiatan dan agenda-agenda kegiatan academic environment, ikuti akun Instagram prodi AKP di @prodiakp_febut.


Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

                                                   (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)

iklan