Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

INI KECERDASAN Briptu Renita Rismayanti hingga Dianugerahi Penghargaan Polwan Terbaik 2023 oleh PBB

POLISI SLOT
17 Nov 2023, 23:57 WIB Last Updated 2023-11-17T16:57:40Z


KORAN TALK -  Pada Kamis (16/11/2023) waktu Amerika Serikat, Briptu Renita Rismayanti dianugerahi penghargaan Polwan Terbaik PBB 2023 atas kecerdasannya.


Anugerah diberikan langsung kepada Briptu Renita Rismayanti di markas PBB di New York, Amerika Serikat.


 Briptu Renita Rismayanti merasa bersyukur dinobatkan sebagai Polisi Wanita Terbaik Tahun 2023 oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Markas Besar PBB New York tersebut.


Renita Rismayanti saat ini bertugas dalam misi perdamaian dunia Satgas Garuda Bhayangkara (Garbha) FPU 5 MINUSCA di Afrika Tengah.


Renita mengatakan pencapaian ini bisa diraihnya berkat dukungan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan juga Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti.


Polwan berusia 27 tahun ini menegaskan, Irjen Krishna Murti selalu membimbing dan memberinya kepercayaan.


“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kadiv Hubinter Polri atas seluruh dukungan dan bimbingan kepada saya,” tuturnya dilansir dari laman Humas Polri, Jumat ( 17/11/2023).


Renita mengatakan dirinya merasa beruntung dapat menggunakan keterampilan teknologinya untuk meningkatkan keamanan bagi orang-orang di seluruh Republik Afrika Tengah.


“Saya berharap visibilitas yang datang dari memenangkan penghargaan ini akan memperkuat di antara perempuan dan anak perempuan bahwa semua bidang keahlian dalam kepolisian terbuka untuk kita,” kata dia.


Renita berharap, penghargaan ini bisa menjadikan motivasi bagi dirinya untuk terus mengembangkan diri lebih baik lagi demi memajukan Polri.


Selain itu, ia berharap hal ini bisa menjadi motivasi bagi rekan-rekan Polri lainnya.


Penobatan Briptu Renita Rismayanti ini turut diunggah akun X UN in Indonesia @UNinIndonesia.


"Briptu Renita Rismayanti, kebanggaan, Dianugerahi Penghargaan Terbaik @PBB. Petugas Polisi Wanita 2023 di New York, dia bertugas sebagai Penjaga Perdamaian di Chef. Terima kasih Briptu Nita atas kerja keras Anda menuju dunia yang lebih cerah! #UNtukIndonesia #LeaveNoOneBehind #PeaceBeginsWithHer,"tulis UN in Indonesia.


Sama halnya dengan United Nations Police @UNPOL  mengunggah portet Briptu Renita Rismayanti menerima penghargaan terbaik tersebut.


"Penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik Tahun Ini diberikan kepada Sersan Pertama Renita Rismayanti dari Indonesia yang bertugas di @UN_CAR. Upacara tersebut dihadiri oleh ASG @sarah_hendriks dari @UN_Women, DPO USG @Lacroix_UN & @UNPOL, Komisaris Shahkar. Selamat Renita!" tulis United Nations Police.



Baca Juga : Korupsi Rp51 Triliun di Kemenhan Bikin Jokowi Kaget, Diungkap Adik Prabowo, Siapa Pelakunya?



Profil Renita Rismayanti:

- Renita Rismayanti lahir di Magelang pada 28 Oktober 1996 (usia 27 tahun).


- Renita Rismayanti kini bertugas sebagai Petugas Basis Data Kriminal (Crime Database Officer) di Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA).


- Di PBB, Renita bertugas menyusun desain dan mengembangkan basis data kriminal dan gangguan publik di Afrika Tengah.


- Data itu lalu digunakan polisi setempat bersama PBB untuk memetakan dan menganalisis titik-titik rawan kejahatan dan kekacauan negara tersebut.


- Basis data kriminal tersebut juga membantu pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi dengan lebih baik untuk membantu penduduk setempat.


- Wakil Sekretaris Jenderal Operasi Perdamaian PBB, Jean-Pierre Lacroix memuji kontribusi Renita sebagai perempuan dalam mendukung perdamaian dunia.


- Inovasi dan upaya Sersan Rismayanti dalam memanfaatkan data dalam operasi perdamaian PBB dan Kepolisian Republik Afrika Tengah telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat keamanan komunitas yang rentan, termasuk perempuan dan anak perempuan.


- Kontribusi dan kemampuan Briptu Renita Rismayanti menjadikannya sebagai petugas polisi PBB termuda yang memenangkan Penghargaan Polisi Wanita Terbaik.


- Selama bertugas sebagai pasukan perdamaian PBB dan polwan Indonesia, Renita menorehkan sederet prestasi dan kontribusi bagi masyarakat.


- Dilansir dari KORAN TALK, berikut prestasi yang dicapai Briptu Renita:


1. Merancang dan mengembangkan sistem data kriminal di misi PBB.


2. Membuat sistem data kriminal polisi PBB untuk memetakan dan menganalisis titik rawan kejahatan.


3. Mendukung operasional dalam melindungi masyarakat lokal, khususnya perempuan dan anak perempuan yang terdampak kejahatan seksual serta kekerasan gender.



4. Menjadi partisipan perempuan dari sekitar 10.000 polisi PBB yang bertugas di 16 lokasi operasi perdamaian.


5. Membantu membangun kepercayaan antara pemerintah daerah dan masyarakat sehingga pekerjaan polisi PBB lebih efektif dan menjaga masyarakat lebih aman.


- Renita Rismayanti disapa Nita kini pangkat Brigadir Polisi Satu atau Briptu.


- Renita memulai karier di Polri sebagai petugas informasi publik pada 2014.


- Renita juga pernah bekerja di bidang pelatihan, administrasi, dan logistik.


- Renita tergabung ke dalam Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) yang dipimpin oleh Kadivhubinter Polri, Irjen Pol Krishna Murti.


- Renita memiliki kemampuan dalam berbahasa daerah dan asing. Dia juga memiliki kemampuan di bidang teknologi dan data.


Diberitakan sebelumnya, Briptu Renita Rismayanti mengatakan, ia merasa beruntung dapat menggunakan kemampuan teknologinya untuk meningkatkan keamanan bagi masyarakat di seluruh Republik Afrika Tengah.


"Saya berharap visibilitas yang didapat dari memenangkan penghargaan ini akan memperkuat di kalangan perempuan dan anak-anak perempuan bahwa semua bidang keahlian dalam kepolisian terbuka untuk kita," ucap dia.


Briptu Renita Rismayanti yang berusia 27 tahun adalah pemenang Penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik PBB termuda yang pernah ada.


Ia memulai kariernya di Kepolisian Republik Indonesia sebagai petugas informasi publik pada tahun 2014 dan juga pernah bekerja di bidang pelatihan, administrasi, dan logistik.


"Setelah mencapai banyak hal dengan merangkul teknologi di bidang yang secara tradisional didominasi oleh laki laki, Sersan Satu Polisi Rismayanti mewakili masa depan kepolisian Perserikatan Bangsa-Bangsa," kata Penasihat Kepolisian Perserikatan Bangsa-Bangsa, Faisal Shahkar.


"Ia dan rekan-rekannya membantu membangun kepercayaan dan keyakinan antara otoritas lokal dan masyarakat, yang membuat pekerjaan Polisi Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadi lebih efektif dan masyarakat menjadi lebih aman," tambahnya.


Penghargaan Petugas Polisi Wanita PBB diselenggarakan mulai tahun 2011 untuk mengakui kontribusi luar biasa dari petugas polisi wanita dalam operasi perdamaian PBB dan untuk mempromosikan pemberdayaan perempuan.

Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

                                                            (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)

                       Dapatkan Informasi Terupdate Pertandingan Bola Setiap Hari Hanya DI Sini

                                            klik Link Ini ╰┈➤ ( https://bit.ly/3roZpyA

                                                            ¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯

iklan