Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Mentan Optimistis Kolaborasi Kementan-TNI Ciptakan Swasembada Pangan

1 Nov 2023, 21:22 WIB Last Updated 2023-11-01T14:22:47Z

korantalk - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, meyakini Indonesia mampu mewujudkan swasembada pangan. Menurut Andi Amran, mimpi itu bisa terwujud dengan kolaborasi antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan TNI.

Hal itu disampaikan Andi Amran dalam Gerakan Nasional Ketahanan Pangan TNI di Bekasi, Rabu (1/11/2023). Dia mulanya mengungkap rencananya menekan impor dan meningkatkan produksi dalam negeri pada 2024.


"Dalam waktu singkat kami akan melakukan gerakan akselerasi peningkatan produksi padi khususnya. Di mana tahun 2024 kita canangkan menekan impor, meningkatkan produksi," kata Andi Amran.


"Dengan target menekan impor, kemudian tahun berikutnya, maksimal tahun ketiga kita sudah mengembalikan keadaan impor menjadi swasembada. Itu mimpi kita sekali lagi dengan kolaborasi ini dengan TNI," imbuhnya.


Andi Amran mengingatkan kemandirian pangan pernah dicapai Indonesia saat dirinya menjabat Menteri Pertanian periode 2014-2019. Dia percaya itu menjadi modal untuk kembali mewujudkan swasembada pangan.


baca juga : Permasalahan Pembunuhan Ibu- Anak di Subang, Rumah Perwira Polisi serta Banpol Digeledah


"Kami yakin swasembada akan kita rebut cepat. Karena di masa pemerintahan Bapak Presiden itu, tiga kali swasembada, 3 tahun swasembada. Salah satunya 2017, 2019, hingga 2020," sebut Andi.


Andi Amran pun sekali lagi menyatakan swasembada pangan bisa dilakukan Indonesia tanpa bantuan negara lain. "Artinya kita bisa swasembada tanpa bantuan negara lain. Kita bisa mandiri pangan insyaallah ke depan," kata dia.


Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menggelar Gerakan Nasional Ketahanan Pangan yang berlangsung di 385 titik di seluruh wilayah Indonesia.


baca juga : TIRUKAN GAYA TRIPLE H EMBIID DI DENDA 35RIBU DOLAR AMERIKA


Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.


Yudo memimpin langsung kegiatan ini dari Taman Pancasila, Cibitung, Kabupaten Bekasi. Dia menjelaskan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan digelar TNI dalam rangka mendorong program pemerintah dalam mencegah krisis pangan.


"TNI terus memperkuat kerja sama melalui program ketahanan pangan bersama Kementan RI melalui berbagai program di sejumlah daerah tanah air," ucap Yudo di Taman Pancasila, Cibitung, Bekasi, Rabu (1/11/2023).


Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

                                                      (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)

iklan