Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

RACE VALENCIA BAGNAIA KELAUR SEBAGAI JUARA DUNIA MARTIN MALAH MENCELAKAKAN MARQUEZ

YUNZ
27 Nov 2023, 23:10 WIB Last Updated 2023-11-27T16:10:47Z



Korantalk- Francesco Bagnaia mempertahankan mahkota juara dunia MotoGP 2023, setelah tampil apik dalam Grand Prix Valencia, Minggu (26/11/2023). Balapan penutup diwarnai banyak crash dan kesalahan Jorge Martin yang mencelakakan Marc Marquez, Ia menjadi pembalap ketiga yang mampu meraih juara back to back setelah Valentino Rossi dan Marc Marquez. Bagnaia mengumpulkan 7 kemenangan dalam balapan panjang dan 4 Sprint Race.

Keberuntungan berpihak kepada Bagnaia. Maverick Vinales diganjar penalti tiga grid karena mengabaikan bendera hitam dan titik oranye saat Warm Up. Marshal memperingatkan motornya berasap, Menurut klarifikasi Aprilia, itu hanya oli yang mengalir. Situasi ini membuat Vinales memulai dari P4 dan Pecco maju ke urutan pertama, Sang juara bertahan memanfaatkan keuntungan yang didapatnya dengan tancap gas di depan. Pemburunya, Jorge Martin, melewati Brad Binder yang ada di posisi kedua, dari sisi luar.

Sementara, Marco Bezzecchi menjadi yang pertama jatuh setelah terlubat dengan Marc Marquez.  Insiden ini diselidiki oleh Steward,Martin berusaha menempel pada Bagnaia sambil sesekali menyerang pembalap pabrikan Ducati itu. Pilot Pramac Racing sangat agresif sehingga menyenggol Pecco tapi dia malah keluar dari lintasan. Sedangkan, pembalap Italia bertahan di jalurnya, Duo KTM, Brad Binder dan Jack Miller, membuka peluang untuk naik podium. Sedangkan, Martin terlempar ke peringkat kedelapan, Pilot Spanyol itu mencoba menerobos dari sisi dalam. Ia malah menabrak Marquez sehingga pembalap Honda yang mencari kado perpisahan terbang dari motornya dan terbanting. Pembalap baru Gresini itu tampak kesakitan dan dibantu tim medis berjalan. Ia lalu dibawa ke pusat medis.

Martin yang juga mengakhiri balapan secara prematur terpaksa melupakan impian juara. Ia sangat terpukul dan sedih sehingga ditenangkan oleh tim, Mengetahui Martin keluar, Bagnaia pun main aman. Ia turun di posisi ketiga, di belakang Brad Binder dan Miller. Pada lap 10, Enea Bastianini dan Augusto Fernandez crash, Pada lap 14, pembalap Afrika Selatan itu melebar di jalur long lap penalty sehingga melorot ke urutan keenam. Miller pun menjadi pemimpin rombongan, dengan Bagnaia dan Johann Zarco di belakangnya.

BACA JUGA : kuliah - universitas - kampus - logic - university

Binder sangat agresif dan menabrak sisi kanan tubuh Alex Marquez. Namun, untungnya tidak ada yang jatuh. Namun, andalan KTM itu dihukum turun satu grid,Ia menyalip Maverick Vinales sehingga maju ke urutan keempat. Binder dianggap sudah menjalankan hukumannya ketika mengembalikan posisi kepada pembalap Aprilia itu, Miller tergelincir dan jatuh dengan kecepatan tinggi di Tikungan 11. Bagnaia pun kembali ke posisi pertama. Alex Rins mengikuti crash di Tikungan 1. Hingga lap 21, tinggal 14 pembalap yang bertahan, Pol Espargaro crash di lap 25 tapi ia berusaha kembali mengikuti balapan demi poin. Bagnaia mendapat tekanan dari Zarco dan Fabio Di Giannantonio. Gap antara mereka betiga kurang dari 0,3 detik.

Diggia menyalip pembalap Pramac asal Prancis di sisa dua lap. Pembalap Gresini Racing yang belum jelas akan membalap ke mana mencoba mencari kemenangan keduanya. Namun, Bagnaia mampu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin, Pembalap nomor 1 itu pun mendapat pelukan dari mentornya Valentino Rossi. Bagnaia melakukan selebrasi dengan melempar bola basket ke keranjang dan memamerkan tiga cincin juara.

Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

                                                      (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)

iklan