Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

5 Pemain Top Liga 1 Tak Dipanggil STY ke Timnas Indonesia

1 9 2 8
20 Des 2023, 14:14 WIB Last Updated 2023-12-20T07:14:36Z


 Jakarta, Korantalk -- Performa impresif di Liga 1 tak serta-merta membuat Shin Tae Yong memilih pemain tersebut untuk membela Timnas Indonesia. Berikut daftar lima pemain top Liga 1 yang tak dipanggil STY ke Timnas Indonesia untuk jalani TC di Turki jelang Piala Asia 2023.


PSSI mengumumkan daftar pemain untuk menjalani pemusatan latihan (training camp/TC) Timnas Indonesia di Turki pada 20 Desember hingga 6 Januari.


Nantinya, Timnas Indonesia akan menjalani dua pertandingan ujicoba di Turki melawan Libya pada 2 dan 5 Januari. Sedangkan laga ujicoba ketiga akan dilakukan di Qatar dengan melawan Iran pada 9 Januari.


Ada 29 pemain yang jadi pilihan STY untuk mempersiapkan Piala Asia 2023 (2024). Dari jumlah itu, sebanyak 18 pemain berasal dari Liga 1 dan 11 orang berkarier di luar negeri.


Meski masih dominan berpentas di kompetisi domestik, masih ada pemain Liga 1 lainnya yang tidak dilirik oleh STY.


Berikut daftar lima pemain top Liga 1 yang tak dipanggil STY ke Timnas Indonesia.


1. Stefano Lilipaly


STY tidak memanggil Stefano Lilipaly ke TC Timnas Indonesia di Turki. Pemain Borneo FC itu tak masuk ke dalam rencana STY meski tampil apik di Liga 1 2023/2024.


Lilipaly tercatat sebagai pencetak assist terbanyak hingga pekan ke-23 Liga 1 musim ini dengan 11 kali. Ia juga sudah mencetak sembilan gol untuk tim utama Pesut Etam.


STY kemudian memberi alasan tidak memanggil Lilipaly. Pelatih asal Korea Selatan itu berpendapat, dengan usia 33 tahun Lilipaly bakal sulit bersaing dengan level turnamen Asia yang terbilang sangat intens.


2. Nadeo Argawinata


Di posisi kiper, STY memanggil Syahrul Trisna, Muhammad Riyandi, dan Ernando Ari. Tidak ada nama Nadeo Argawinata dalam daftar penjaga gawang.


Padahal, Nadeo merupakan salah satu kiper paling menjanjikan di Liga 1 musim ini. Sepanjang 23 pekan kasta tertinggi sepak bola Indonesia sudah bergulir, Nadeo mencatat 73 penyelamatan.


Itu membuat Nadeo berada di peringkat keempat klasemen sementara penyelamatan terbanyak. Sejauh ini Nadeo jadi kiper lokal dengan jumlah save paling banyak di Liga 1.


3. Muhammad Rayhan Hannan

Pemain muda Persija Jakarta, Muhammad Rayhan Hannan sedang jadi sorotan karena tampil memukau di Liga 1 2023/2024. Namun, dirinya tak dipanggil oleh STY ke Timnas Indonesia.

Pemuda 19 tahun itu jadi andalan skuad Macan Kemayoran. Di musim pertamanya, Persija sudah memberi kesempatan bagi Rayhan 19 penampilan.

Pemain berposisi gelandang serang itu mampu menunjukkan kualitasnya dengan kemampuan akselerasi yang mumpuni. Meski sudah pernah berseragam Timnas Indonesia U-23 pada September lalu, STY tetap tidak memanggil Rayhan ke timnas senior.

4. Reza Arya Pratama

Selain Nadeo Argawinata, STY juga tidak memanggil kiper potensial dari PSM Makassar Reza Arya Pratama.

Reza sempat dipanggil STY dalam beberapa kesempatan, namun kini pelatih asal Korea Selatan tersebut mempercayakan pos penjaga gawang kepada pemain lain.

Kiper 23 tahun itu tercantum dalam lima besar pencatat penyelamatan terbanyak di Liga 1 musim ini. Reza Arya menorehkan 59 saves hingga pekan ke-23.

5. Muhammad Toha

Kapten Persita Tangerang, Muhammad Toha juga tak kunjung dipanggil Timnas Indonesia. Bek 26 tahun itu masih menunggu lirikan STY.

Toha adalah pilihan utama Laskar Cisadane di pos bek kanan. Dari 22 penampilan, Toha mencatat satu assist dan jumlah operan sukses yang terbilang apik.

Toha membukukan 919 operan sukses hingga pekan ke-23 Liga 1 musim ini. Ia jadi pemain lokal dengan jumlah operan sukses terbanyak sejauh ini.

iklan