Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

BRUTALNYA Anies Baswedan sampai Prabowo Subianto Ajak Ngopi Bareng, Begini Kata Psikolog

POLISI SLOT
9 Jan 2024, 00:25 WIB Last Updated 2024-01-08T17:25:45Z


KORAN TALK
- Debat Capres putaran ketiga berlangsung panas dengan berbagai data dan argumen yang disajikan secara terbuka.


Debat paling seru melibatkan capres nomor urut 1, Anies Baswedan versus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.


Sejak dimulainya Debat Capres, Anies Baswedan langsung "ngegas" Prabowo Subianto.


Data demi data dibeberkan dan disertai argumen yang cenderung mengkritik Prabowo Subianto.


Misalnya saja, Anies menyinggung harta Prabowo berupa tanah seluas 340 ribu hektare, lalu melemparkan argumen banyaknya anggota TNI dan Polri yang saat ini tidak memiliki rumah.


Tak sampai di situ, Anies pun menyindir alutsista bekas yang dibeli Prabowo Subianto selaku menteri Pertahanan (Menhan).


Bahkan, Anies memberikan rapor merah atas kinerja Prabowo Subianto selaku Menhan. Jika Ganjar Pranowo memberi nilai 5 dengan skala 1-10, maka Anies menyebut angka 11 atas kinerja Prabowo dengan skala 1-100.


Dalam sesi debat, beberapa kali Prabowo merespons dengan mengajak Anies untuk ngopi bersama sembari membahas data yang disampaikan sepanjang debat.


Namun, ajakan tersebut tidak ditanggapi oleh Anies. Dia bahkan menolak ajakan untuk ngopi bersama dengan Prabowo.


Sebaliknya, dia justru menantang Prabowo untuk menjelaskan data di forum secara terbuka agar dapat diketahui publik.


"Ini bukan antar pribadi. Jadi saya ingin garis bawahi, ini bukan ngopi bareng dan ditunjukin data. Keterbukaan di dalam menyampaikan pendapat itu penting dan transparansi itu diwujudkan bukan dalam bentuk kata-kata," kata Anies.


Bagaimana jalannya debat capres tadi malam menurut psikolog?


Psikolog Forensik, Reza Indragiri Amriel, menilai debat capres tadi malam dengan empat tolok ukur.



Baca Juga : ANAK Kepala Sekolah Hobi Jadi Pelakor, Selingkuh dengan Dua Guru Penjas, Diam Saat Digerebek Mertua



Pertama, Reza menjelaskan soal kesesuaian antara paparan dengan dokumen visi dan misi program (MVP) calon presiden


"Ganjar Pranowo mampu mempertontonkan kedahsyatannya karena bab pertahanan pada visi, misi, programnya (VMP) memang lebih canggih ketimbang MVP Anies apalagi Prabowo," ujar Reza, Senin (8/1/2024).


Menurut Reza, Anies lebih helicopter view dan multiangle. Anies merepresentasikan sesuatu dengan cara melihat seluruh sistem dari berbagai aspek.


"Dia soroti masalah pertahanan dengan kacamata sosial," katanya.


Sementara Ganjar lebih lugas menjawab tema debat. "Dia bicara pertahanan dengan kacamata pertahanan. Tapi Ganjar dan Anies memang komplementer semalam," ujarnya.


Menurut dia, Anies dominan mendestruksi Prabowo dan menawarkan gagasan secukupnya. Sedangkan Ganjar dominan menawarkan gagasan dan mendestruksi Prabowo dengan kadar secukupnya.


Poin kedua, menurut Reza, seberapa jauh penampilan akan mendatangkan manfaat elektoral.


"Studi menyebut debat tidak terlalu berdampak bagi perpindahan suara. Debat lebih mengokohkan dukungan konstituen pada pihak yang telah dijagokannya sedari awal," katanya.


Terlepas dari itu, Reza mengatakan andai terjadi pergeseran elektoral maka tampaknya Ganjar akan memperoleh peralihan suara dari capres lain.


"Namun sebagaimana hasil studi tadi, jumlah peningkatan suara yang Ganjar dapatkan tidak signifikan," katanya.


"Dan suara yang beralih ke Ganjar datang dari mereka yang sebelumnya mendukung Prabowo," katanya.


Poin ketiga, siapa yang mampu memantik situasi teatrikal di panggung debat.


"Debat presidensial bukan UMPTN atau Sipenmaru," katanya.


Reza mengatakan, debat capres semalam mengandung drama. "Kontroversi, emosi, uji nyali, semua harus diaktivasi. Debat semalam sudah semakin mengarah ke situ," katanya.


Menurut dia, dalam debat capres semalam ewuh-pakewuh menipis, komunikasi langsung dan terbuka atau frontal sudah lebih kasat mata.


Meski demikian teater yang sesungguhnya tercipta berkat Anies. "Kombinasi antara intelektualitas dan brutalitas memperlihatkan sisi lain Anies yakni betapa lihai dan kejamnya dia memeragakan negative campaign terhadap Prabowo selaku Menhan," kata Reza.


Reza mengatakan harus dibedakan negative campaign dengan black campaign. "Ketika Prabowo menyebut data Anies salah semua, Prabowo ingin mengunci persepsi publik bahwa Anies memainkan black campaign," ujarnya.


"Itu berasosiasi dengan hasutan, kebohongan, fitnah, dan serba-serbi callousness lainnya," ujar Reza.


Karena sebatas menyanggah tanpa menyajikan data tandingan, maka penilaian Prabowo itu menjadi tak beralasan.


Apalagi ketika ditelusuri di internet, maka angka-angka dan ilustrasi "ordal" yang Anies lontarkan ternyata dengan mudahnya terkonfirmasi.


"Negative campaign alias kampanye yang berfokus pada sisi buruk lawan (namun berbasis data, bukan hoaks) yang Anies demonstrasikan, sangat berkelas," ujarnya.


Menurut dia dengan strategi itu di debat sesi 3, Anies kian berhasil menunjukkan posisinya sebagai oposan, yang menghendaki perubahan.


"Ganjar memang berdiri di tengah-tengah. Tapi siapa pun bisa meramal, andai Ganjar tak lolos ke putaran kedua Pilpres, ke mana gerangan biduk akan dikayuhnya," ujar Reza.


Poin keempat, seberapa jauh narasi yang capres angkat di forum debat akan terus bergulir sebagai konten media sosial dan obrolan warganet.


"Anies dan Ganjar berimbang," katanya.


Tapi substansi dan sudut pandang Anies seolah mendatangkan musim panen raya bagi para content creator dan warganet.


"Dunia mengakui betapa buasnya digital natives Indonesia," katanya.


"Semalam, dalam waktu singkat pun masif bermunculan pendatang baru berupa cyber troops pangkat sersan dua. Siapa lagi yang mereka racik di alam maya kalau bukan Prabowo. Dan ingredients bagi racikan itu utamanya datang dari Anies," katanya.


Berkat negative campaign-nya, menurut Reza, Anies harus "bertanggung jawab" manakala Prabowo menjadi bulan-bulanan para netizen hingga hari-hari ke depan

Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

                                                    (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)

                  Dapatkan Informasi Terupdate Pertandingan Bola Setiap Hari Hanya DI Sini

                                        klik Link Ini ╰┈➤ ( https://bit.ly/3roZpyA

                                                   ¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯

iklan