Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Kronologi Rayen Pono Tahu Lagunya Dibajak dengan Cara Baru

11 Jan 2024, 21:23 WIB Last Updated 2024-01-11T14:23:48Z

 korantalk - Rayen Pono mengetahui fakta baru terkait oknum yang membajak lagunya di Spotify. Semenjak mengunggah pembajakan lagunya di media sosial, Rayen Pono langsung dihubungi beberapa diantaranya.

Mereka mengaku tak sama sekali mengunggah hasil covernya ke Spotify, tetapi ada oknum yang secara sengaja melakukannya. Para penyanyi cover ini mengaku tak mengetahui atau mengenal secara personal oknum yang melakukan pembajakan ini.


Hal ini disampaikan Rayen Pono saat dihubungi detikcom, Selasa (9/1/2024).


"Jadi intinya lagu saya, Tanya Hati diupload ke DSP dalam hal ini Spotify tanpa izin dari saya sebagai pencipta. Beberapa penyanyi ini ada yang sudah merespons, menanggapi ke saya langsung bahwa mereka nggak tahu-menahu ternyata ada oknum yang secara sengaja mengupload coveran mereka ke Spotify gitu," ujar Rayen Pono.


Kata Rayen Pono beberapa yang menghubunginya mengaku tak melakukan pembajakan itu secara terencana atau dilakukan mandiri. Namun ada juga yang mendapat bayaran setelah melakukan cover lagu.


baca juga: Eva Manurung Ungkit Biaya Liburan di Thailand Usai Diputusin, Jordan Ali: Dari Awal Saya Nolak!


Oknum yang dianggap tak bertanggung jawab itu sempat memberikan bayaran ke beberapa penyanyi cover.


"Jadi sebenarnya oknum, bukan mereka. Tapi ada juga beberapa kasus yang akan dibayar sama pihak tertentu untuk bikin coveran di YouTube, tapi tanpa sepengetahuan mereka (penyanyi cover) ternyata sama yang si pihak yang meng hire ini dinaikkan ke DSP tanpa minta izin saya," jelasnya.


Diketahui, terkait dengan kasus ini lagu Tanya Hati yang diunggah ulang oleh oknum di Spotify mengalami perubahan pada nama pencipta. Hal itu menjadi salah satu yang dirugikan pencipta aslinya.


baca juga : Pohon Beringin Alun-alun Blitar Tumbang Timpa Lapak PKL, 10 Luka


"Dalam hal ini ada hak moral, hak ekonomi, lebih parahnya lagi di kreditnya penciptanya bukan saya. Ada si penyanyinya (yang mengcover), ada yang Pasto, jadi memang udah ngawur banget," sahut Rayen Pono.


Dalam hal ini Rayen Pono tak mau tinggal diam, ia akan mencari oknum yang membajak lagunya. Rayen berencana mencari melalui media sosial dan lainnya untuk meminta pertanggung jawaban.


"Dan sekarang saya dalam proses mencari oknum-oknum ini untuk meminta pertanggung jawaban," tegasnya.


Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

                                                      (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)

iklan