Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

SGIE hingga 'Omon-omon', Ini Arti dari Istilah yang Viral di Debat Pilpres 2024

8 Jan 2024, 21:19 WIB Last Updated 2024-01-08T14:19:40Z

 korantalk - Debat Pilpres 2024 telah mencapai tahap ketiga. Sejak debat pertama pada 12 Desember 2023 sampai debat ketiga pada 7 Januari 2024, ada banyak istilah yang viral di media sosial.

Istilah yang muncul antara lain 'Wakanda No More, Indonesia Forever' yang diucapkan calon presiden (capres) Anies Baswedan, SGIE yang diucapkan oleh calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming, hingga 'omon-omon' yang diucapkan capres Prabowo Subianto dalam debat ketiga, Minggu malam (7/1/2024).


Lantas apa saja istilah lain yang viral dalam debat Pilpres 2024 dan apa saja artinya?


Istilah yang Viral pada Debat Pilpres 2024: SGIE hingga 'Omon-omon'


1. Wakanda No More, Indonesia Forever

Istilah ini diucapkan oleh capres Anies Baswedan dalam gelaran debat Pilpres 2024 pertama pada Selasa, 12 Desember 2023.


Istilah Wakanda ini mengacu pada sebuah negeri dalam film populer Disney Marvel yakni Black Panther. Istilah Wakanda kemudian banyak diasosiasikan oleh banyak warganet di media sosial sebagai kata ganti Indonesia.


Asosiasi ini bukan tanpa alasan, sebab Wakanda digambarkan sebagai negara yang tersembunyi dari dunia luar namun sangat makmur karena memegang teguh budaya aslinya.


Wakanda juga digambarkan sebagai negara dengan sumber daya yang berlimpah dan mempunyai teknologi pembuatan senjata yang canggih, sehingga rakyatnya sejahtera.


Namun kata ganti Wakanda untuk Indonesia, kerap dijadikan tameng oleh netizen. Biasanya istilah ini merujuk pada kondisi yang tak ideal atau keanehan yang terjadi di Indonesia, sebagaimana dijelaskan dalam Korantalk.


Contohnya: "Orang-orang pinter di Wakanda dibikin nggak betah sama birokrasi negara supaya masih bisa "dikendaliin"," kata seorang netizen merujuk ke isu lain yang tak berhubungan dengan debat capres-cawapres 2024.


2. SGIE

Pada debat kedua Pilpres 2024, cawapres Gibran Rakabuming melayangkan pertanyaan kepada cawapres lain yakni Cak Imin. Dalam pertanyaannya, Gibran menyebut SGIE, tetapi Cak Imin tidak mengetahui istilah tersebut.


Ternyata, SGIE adalah singkatan dari State of the Global Islamic Economy (SGIE). Istilah ini mengacu pada laporan tahunan tentang kondisi Ekonomi Islam/Halal secara global yang diluncurkan DinarStandard di Dubai, Uni Emirat Arab, sebagaimana dikutip dari detikNews.


3. Alutsista

Salah satu topik yang banyak disebut dalam debat ketiga Pilpres 2024 pada 7 Januari 2024 adalah alutsista.


baca juga: ANAK Kepala Sekolah Hobi Jadi Pelakor, Selingkuh dengan Dua Guru Penjas, Diam Saat Digerebek Mertua


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), alutsista adalah akronim dari alat utama sistem senjata. Istilah ini juga tercantum dalam Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Pengadaan Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia.


Alutsista terdiri dari berbagai macam peralatan militer, seperti pesawat tempur, tank, kapal perang, kendaraan lapis baja, senjata, radar, dan sistem komunikasi militer.


Tujuan pengadaan alutsista adalah untuk meningkatkan kemampuan pertahanan suatu negara dan menjaga keamanan nasional.


4. 'Omon-omon'

Istilah ini juga muncul dalam debat ketiga Pilpres 2024. Istilah 'omon-omon' diucapkan oleh capres Prabowo Subianto saat merespons tanggapan capres Anies Baswedan.


Dalam KBBI, istilah 'omon-omon' tidak ditemukan. Namun ternyata, istilah ini merupakan plesetan dari 'omong-omong'. Dalam konteks ini, Prabowo meminta Anies agar tak cuma ngomong doang.


baca juga : Turap di Kembangan Utara Jakbar Selesai Dibangun, Warga Masih Kebanjiran


"Kalau bener masuk akal saya setuju, kalau omon omon ya kumaha?" ujarnya dalam debat capres ketiga di Istora Senayan, dikutip dari Korantalk, Senin (8/1/2024).


Dalam pernyataan tersebut, Prabowo mengatakan bahwa memimpin suatu negara, bukan soal bercerita yang hanya berupa omongan biasa. Namun harus memiliki agenda tersendiri untuk membangun dan memajukan negara.


"Kenapa negara-negara selatan melihat ke Indonesia, karena kita berhasil membangun ekonomi kita. Jadi tidak hanya omong omon omon, kerjanya omon saja, tidak bisa," tutur Prabowo.


5. Let Him Cook

Istilah 'Let Him Cook' pertama muncul saat debat Pilpres 2024 kedua. Kala itu, istilah ini menempel pada calon wakil presiden, Gibran Rakabuming yang kerap melontarkan pertanyaan sulit dan menyiapkan jawaban tajam.


Istilah ini kemudian kembali mencuat dalam debat Pilpres ketiga. Namun, kali ini untuk mengapresiasi serangan yang dibuat salah satu capres yakni Anies Baswedan pada pesaingnya.


Dikutip dari Korantalk, secara harfiah, 'Let Him Cook' berarti membiarkan seseorang memasak. Dalam konteks slang, menurut Dictionary, istilah ini diartikan sebagai mempersilakan seseorang melakukan sesuatu sesuai keahliannya.


Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

                                                      (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)

iklan