Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Terkuak! Ini Hasil Audit Produksi Boeing 737 Max, Bikin Khawatir

12 Mar 2024, 21:54 WIB Last Updated 2024-03-12T14:54:47Z

korantalk - Regulator keselamatan udara Amerika Serikat (AS) menemukan lusinan masalah pada fasilitas pesawat Boeing. Temuan ini diumumkan setelah audit dilakukan selama enam minggu terhadap produksi Boeing jet 737 Max.

Badan Penerbangan Federal AS (Federal Aviation Administration/FAA) melakukan penyelidikan usai peristiwa pintu pesawat 737 Max 9 milik Alaska Airlines copot saat mengudara pada Januari lalu. Insiden itu menarik perhatian terhadap standar kualitas milik Boeing.


Berdasarkan laporan New York Times, Selasa (12/3/2024), ada berbagai masalah ditemukan tim audit. Termasuk yang masuk kategori gagal memenuhi standar proses manufaktur, dan kegagalan menjaga kendali mutu yang tepat.


Auditor FAA mengungkap dari 89 audit produk yang dilakukan, Boeing lulus 56 audit dan gagal dalam 33 audit. Dalam kurun waktu 6 minggu FAA juga melakukan 13 audit produk yang berfokus pada Spirit AeroSystems selaku produsen badan pesawat Boeing 737 Max.


Dari jumlah tersebut, hanya enam audit yang dinyatakan kelulusan. Tujuh sisanya dinyatakan gagal.


Dari dokumen yang ditinjau oleh Times, diketahui seorang mekanik di Spirit menggunakan kartu kunci hotel untuk memeriksa segel pintu. Lalu ada juga mekanik yang menggunakan sabun cair ke segel pintu pesawat sebagai pelumas.


baca juga: SPRINT RACE MOTOGP QATAR MARTIN PEGANG KENDALI


Sementara itu, Spirit dilaporkan sedang meninjau semua ketidaksesuaian yang teridentifikasi untuk tindakan perbaikan. Pada akhir Februari, FAA memberi Boeing waktu 90 hari untuk meningkatkan pengendalian kualitas.


Pada waktu yang bersamaan, laporan panel ahli mengenai Boeing menemukan "keterputusan" antara manajemen senior dan karyawannya terkait budaya keselamatan. Laporan panel dilakukan setelah dua kecelakaan pada tahun 2018 dan 2019 yang melibatkan pesawat Boeing 737 Max menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 346 orang.


baca juga: Gus Miftah Respons Kemenag soal Speaker Masjid: Jangan Baper


Di sisi lain Boeing mengatakan pihaknya berkomitmen menerapkan perubahan dan mengembangkan rencana tindakan komprehensif untuk memperkuat keselamatan dan kualitas.


"Kami benar-benar fokus untuk mengambil tindakan signifikan dan terbukti dengan transparansi di setiap kesempatan," kata Boeing 


Selain FAA, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional sedang menyelidiki penyebab panel pintu jet 737 Max yang copot dalam insiden Alaska Airlines. Departemen Kehakiman dilaporkan telah memulai penyelidikan kriminal terhadap perusahaan tersebut.


Dapatkan update berita setiap hari dari korantalk.news , Mari bergabung di Grup Telegram caranya klik Link Ini ╰┈➤ ( https://t.me/korantalk_news ) kemudian join °༄°

                                                            (¯´•._.•TERIMAKASIH•._.•´¯)

iklan